Senin, 14 Juli 2014

Pengalaman UTM IPB 2014

Permasalahan gue tentang perguruan tinggi ternyata engga sampai disitu aja. Gue ngerasa engga percaya diri di SBMPTN tapi makin ngerasa mantep pengen masuk SKPM IPB. Hm, gue akhir-akhir ini sering mikir kalau Bahasa Jepang bisa gue pelajarin secara otodidak atau ikut kursus, ya jadi sebatas keahlian tambahan yang gue punya aja–bukan dijadikan profesi utama. Makanya gue pun memutuskan untuk ikut UTM (Ujian Talenta Mandiri) IPB

Awalnya berat juga buat gue mantepin diri ikutan UTM. Gue masih nimbang-nimbang mikir kuliah di Bandung dan mulai lirik-lirik sekolah tinggi, yaa... D4 pun engga masalah buat gue. Gue sedikit tertarik sama STKS (Sekoah Tinggi Kesejahteraan Sosial) dan STP (Sekolah Tinggi Pariwisata), dan nyokap sama tante yang dulu pernah sekolah di Bandung pun setuju sama masukan gue. Tante malah siap dan semangat banget bakal nyariin kostan dan ngejagain di Bandung sana.

Tapi.... setelah searching sana-sini dan bandingin biaya sama UTM di IPB yang juga sistem pembayaran nantinya sesuai gaji orang tua juga. Gue malah ragu. Biaya di sekolah tinggi emang engga semahal swasta tapi biaya hidup disana itu loh.... bikin gue makin ragu dan mutusin untuk ikut UTM IPB aja. Selain gue engga usah ngekost karena jarak IPB sama rumah gue duekeeeet buangeeet dan di IPB pun beasiswa berlimpah. (Fyi, gue daftar bidikmisi buat SNMPTN dan SBMPTN pun gratis untuk yang daftar bidikmisi)

Ya... akhirnya gue fix ikut UTM IPB! Gue masih daftar di Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat dan Ilmu Keluarga dan Konsumen. UTM IPB baru dilaksanakan tanggal 12 Juli kemarin. Soal UTM IPB pun engga bakal kita temuin di mesin pencarian Google karena emang soal itu dari tahun ke tahun engga pernah dibagiin. IPB menjaga banget kerahasiaan soalnya. Gue cuma sempet nanya ke kakak kelas gue yang tahun lalu keterima dari UTM bilang “Soalnya lebih gampang dari SBMPTN kok, Nu. Tenang aja santai, Bismillah.” Dan dengan bermodalkan belajar seadanya pakai sistem kebut dua malam pula, gue pun mantap ikut UTM IPB.


Tapi H-1 ujian gue malah belum megang kartu peserta sama sekali. Haha. Karena gue daftar dan bayar kolektif ke sekolah, jadi kartu peserta gue diprintin sama guru. Dan gara-gara beberapa minggu sebelum UTM gue lagi sibuk-sibuknya sama kegiatan organisasi, gue sampe lupa kalau gue belum ngambil kartu ujian. Dan akhirnya gue buru-buru ke sekolah gue (yang ada di dalam lingkungan IPB sendiri) terus gue dapet ruang ujian di.... CCR! Haiyah... kalo soal seluk beluk IPB sih engga usah diragukan lagi lah ya hihi :p Alhamdulillah gue berdomisili di Bogor dan lingkungan sekolah gue di dalem IPB jadi engga repot-repot kayak orang-orang yang dari luar kota harus cari penginapan dan survey lokasi.



Akhirnya... hari pertempuran tiba. Dijadwalnya sih registrasi dimulai jam 7.30 dan calon mahasiswa harus datang 60 menit sebelumnya. Berhubung dari rumah gue cuma nempuh waktu 5 menit buat nyampe IPB, gue pun berangkat jam 6.50 dari rumah. Dan.... wuiiiih! IPB rame banget, bro. Gue berangkat dianter nyokap dan kata nyokap ramenya tuh melebihi wisudaan. Gue pun ketawa di sepanjang perjalanan ke CCR, dalam hati gue mikir, “mungkin gue juga bakal riweuh nanya-nanya jalan nanya-nanya dimana gedung ini-itu dan bakal ditungguin sama nyokap sampai ujian selesai kalau gue emang jadi kuliah di Bandung”. Hmmm.

Nyampe di CCR engga lupa gue minta do’a untuk kesekian kalinya sama nyokap sambil cium tangannya. Inget, bro. Do’a orang tua itu adalah segala-galanya, tanpa restu dan do’a beliau kita engga bakal sukses ngerjain apapun! Hihi. Gue pun lari kecil ke dalem gedung CCR, ruameeeeeee. Gue pun mutusin buat ngeliat papan pengumuman ruangan dulu sebelum masuk CCR padahal gue udah tau ruangan gue dimana, ga tau punya firasat aja kesana dulu. Eh bener, gue ketemu ehem atashi no kareshii padahal kita engga janjian dan kita pun masuk ke CCR barengan. Ternyata ruang ujian kita Cuma beda 1 ruang. Gue di CCR 2.11 dia di 2.13. Ugh! Ujian kali ini so sweet ya :3 *senyum2*

Pengumuman untuk masuk ke ruangan masing-masing pun terdengar, setelah nama gue dipanggil gue pun langsung nyari kursi bernomor 8041-01724 di gugus satu. Registrasi pun dimulai dengan menempelkan kartu ujian bagian untuk panitia. Asli deh nunggu registrasinya kelamaan, ya emang sambil nunggu yang telat juga sih.... tetep aja ngantuk nunggu ujiannya mulai. Ujian dimulai jam 8.30, sesi pertama saintek 80 soal dengan waktu 2 jam 30 menit. Soalnya lumayan lebih gampang dari SBMPTN, tapi tetep harus teliti. Gue berhasil ngerjain 10 soal MTK, 5 soal Fisika, 5 soal Kimia dan 11 soal Biologi. Ya... semoga itu banyak benernya ya. Amiin>.<

Sesi kedua itu Bahasa Inggris. Sebenernya engga boleh keluar ke kamar mandi, tapi Ahamdulillah dosen pengawas di ruangan gue baik dan diperbolehkan ke kamar mandi. Tapi kamar mandinya ternyata penuuuuuuh! Ah-_- padahal Bahasa Inggris itu 25 soal dan waktunya 45 menit. Dipotong gue ke kamar mandi 10 menit jadi tinggal 35 menit dah tuh. Ada 15 soal yang pake teks bacaan, ada 10 soal grammar. Gue cuma ngisi 21 soal.

Dan.... istirahaaat! Yeaaay. Karena gue yakin mushola di CCR bakal penuhnya naudzubillahimindzalik, gue memutuskan buat Sholat di SMA gue, barengan temen yang satu SMA juga. Kayaknya ga sampe 5 menit jalan dari CCR ke sekolah gue. Hihi ^^v

Sesi ketiga adalah Talent Mapping Test! Dimulai jam 13.30. Awalnya rada ngeri juga sama test ini, takut aja karena engga ada gambaran. Tes ini sebenernya dibagi 2 sesi juga. Yang pertama tes kepribadian diri, 170 soal harus selesai dalam 30 menit dan wajib diisi semua. Eh, ada tambahan waktu 10 menit sih buat yang belum selesai ngebuletin. Jadi santai aja ngerjainnya dan diusahakan jujur, karena yang dinilai adalah spontanitas kita menjawab. Kuncinya sih jangan takut salah, wong tentang diri kita sendiri. Terus sesi kedua talent mapping ini test kemampuan diri, 114 soal dan juga harus selesai dalam waktu 30 menit dan wajib diisi semua. Soalnya itu menyangkut minat dan bakat kita kok, santai aja, isi yang jujur intinya sih. Jadi, total soal Talent Mapping ini 284 soal dan...... kyaaaaa! Jari-jari gue kriting, bro. Mediiiiiiiis>.<

Yosh... akhirnya selesai UTM IPB. Yang Insya Allah bakal jadi ujian terakhir gue buat memperjuangkan perguruan tinggi. Bismillahirohmanirrohim......wish me luck ya, guys. Semoga gue diterima di IPB, Amiiin :)

3 komentar:

  1. Kak mau tanya nih,
    klo untuk lulusan smk bisa daftar di ipb nggk ya?
    thx

    BalasHapus
  2. kaakk mau nanyaaa,cetak kartunya kok nggak kayak waktu pendaftaran SBMPTN?

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum ka, kaka masuk utm ipb? Kalo utm ipb gede2 an uang atau gimana ka?

    BalasHapus